Saturday, January 3, 2015

1Day1Dream: Pengin Berolahraga Secara Teratur (4)

1Day1Dream: Pengin Berolahraga Secara Teratur

Seorang teman pernah bertanya:
"Kamu suka olahraga apa?" 
Dan, kujawab:"Nggak". 
Aku tahu bahwa jawabanku salah. Olahraga sangat penting apalagi untuk usiaku yang seperti ini dan untuk sesak nafas yang kadang kambuh.
Maka dari itu aku berjanji akan berolahraga secara teratur. Cukup berjalan kaki saja, tidak usah olahraga yang mahal-mahal, misalnya ikut fitnes atau senam berbayar.

Minggu pagi ini aku memakai celana training dan t-shirt serta sepatu olahraga. Berjalan keluar berpapasan dengan seorang tetangga yang bertanya:
" Mau ke mana mbak?". 
"Car free day", jawabku. 
Eh dia nanya lagi:" Jalan kaki?" 
Kujawab: "Iya". 
"Wah hebat", katanya.

Aku baru pertama kali ini akan ke CFD yang digelar sepanjang Jalan Slamet Riyadi Solo, padahal lokasinya bisa ditempuh dengan berjalan kaki saja dari rumah. Anakku suka malas bila kuajak. Sendirian pun tak apalah. Ibu-ibu di sini ikut senam kalo Minggu pagi, sementara aku tidak ikut. Berjalan kali sembari menghirup udara pagi yang belum berpolusi sangat nyaman. Cape tak terasa, aku sudah sampai ke lokasi CFD. Banyak orang berlalu lalang, bersepeda atau sambil mengajak anjingnya jalan-jalan.


1Day1Dream: Pengin Berolahraga Secara Teratur

Sepanjang jalan banyak ditemui pedagang kaki lima yang menggelar dagangannya di atas trotoar. Aku berjalan di trotoar saja, tidak di jalan raya. Aku kan sendirian jadi tak akan mengesankan seperti orang hilang.
Aku belum sarapan, jadi aku berjalan sambil mencari jenis makanan yang kuinginkan. Tak hanya makanan saja yang digelar, namun juga ada pakaian, aksesori anak-anak, permainan anak-anak, dsb. 

1Day1Dream: Pengin Berolahraga Secara Teratur

Di area CFD ternyata ada juga senam. Entah mereka berasal dari mana, mengingat sebagian besar yang mengikuti senam mengenakan seragam. Gerakan senam yang terkadang menggoyangkan pinggul,  mengundang celotehan pejalan kaki.

1Day1Dream: Pengin Berolahraga Secara Teratur

Makanan yang aku beli untuk sarapan hanyalah seporsi kecil sate lontong khas Madura. Begitu banyak makanan yang tersedia, namun karena aku ingin membelinya untuk dimakan di rumah ya sate inilah. Makanan lainnya adala bubur ayam, mie ayam, lontong opor, soto, dan sebagainya yang lebih pantas dinakam di tempat. Makan sendirian di suasana kebersamaan orang lain membuat hati tak nyaman.

1Day1Dream: Pengin Berolahraga Secara Teratur

Di tengah jalan aku temui makanan yang unik yang belum pernah kucoba. Kata penjualnya, namanya supasup. Kedengarannya seperti itu tapi penulisannya enta benar entah tidak. Harganya delapan ribu. Aku membeli satu aja, mencoba. Di atasnya seperti roti tapi di mangkok alumunium foilnya berisi sup kental. Isinya ada yang jagung, ada yang ayam. Yang kupilih ternyata berisi sup kental jagung. Hanya dua makanan itu saja untuk sarapanku hari ini di rumah.

Ternyata jalan-jalan sehat di pagi hari lumayan nyaman. Aku menghabiskan waktu sekitar satu jam di CFD tadi. Ini adalah awal yang baik untuk aku berolahraga secara teratur. Untuk kepentingan yang dekat-dekat tentunya lebih baik bila aku berjalan kaki saja, selain ngirit bensin juga menyehatkan. Yang jelas, jalan-jalan sehatku bertujuan agar asmaku sembuh, peredaran darah terutama di kaki baik untuk menghindari varises, menyehatkan jantung, dan untuk kesehatan secara menyeluruh. Berolahraga tidak harus mahal, jalan kakii tak membutuhkan beaya.

Salam sehat Indonesia.

8 comments:

Rahmi Aziza said...

aku juga jaraaang bgt olahraga,hmpir ga pernah, pdhl udh bertekad tp sering lupa

Ety Abdoel said...

Salam kenal Mba Rose. Wah, tinggal di solo rupanya, saya di karanganyar mba.
Kalau sayaolahraganya naik sepeda setiap hari, sambil ngantar jemputanak sekolah. Lumayan lah untu menjaga garis pinggang supaya tidak tambah lebar, hehehe

nurul rahma said...

Supasup mirip zuppa soup ya mak

Unknown said...

Mbak Rahmi: ayo mulai berolahraga biar tetap sehat he he

Unknown said...

Mbak Ety main dong ke Solo. Antar jmpt sklh dgn sepeda itu jg olahraga mbak.

Unknown said...

Mbak Nurul: Aku kemungkinan salah nulis mbak, ya bener maksudnya itu. Maklumlah he he

RiskiRingan said...

Aku juga mau rutin jalan atau lari pagi.. semoga semangat.. :)

Unknown said...

Iya mbak. Makasih ya udah berkunjung ndan kasih komen.