Thursday, January 22, 2015

Buku Ketrampilanku Segera Terbit dan Laris Manis

buku ketrampilanku segera terbit dan laris manis
Sandaran Kepala untuk di mobil

Pagi tadi aku membuka blogku dan mataku tertumbuk pada sebuah komentar yang tertulis paling atas bunyinya begini: “Apa saya bisa pesan secepatnya?”. Langsung aku buka postingan dimana terdapat komentar tersebut, ternyata judul postingannya adalah “Mengenal Tehnik Jahit Smock”. Oh! Bukunya kan belum terbit, masih aku simpan di rumah. 

Postingan “Mengenal Tehnik Jahit Smock” ini menempati urutan kedua dalam minggu ini, di blogku. Dan, itu sudah berlangsung beberapa minggu. Syukurlah, meskipun bukunya belum terbit tetapi pembaca sudah mengenal buku ini. Di mesin pencarian google pun sudah dengan mudah ditemukan dua gambar yang aku share di blog. Gunakan kata kunci “tehnik jahit smock” untuk menemukannya. 

Untuk memenuhi syarat tentang minimal jumlah halaman, maka aku harus menambahkan paling tidak lima kreasi produk lagi. Rencananya kelima kreasi itu meliputi: dompet kecil smock, dompet smock kombinasi, tas pesta smock, tas santai smock dan tas laptop smock. Ini baru rencana, dalam pelaksanaannya bisa berubah. 

Naskah buku ini memang belum aku kirimkan ke penerbit mana pun karena aku sedang mengikuti sebuah pelatihan menulis non fiksi dimana dalam pelatihan tersebut dijanjikan sampai naskahnya diterbitkan. Jadi aku menunggu momen ini, mengingat pentingnya buku pertama yang diterbitkan. Laku tidaknya buku pertama yang diterbitkan sangat mempengaruhi naskah-naskah buku selanjutnya di mata penerbit. 

Untuk memenuhi keinginanku agar buku pertama laris manis, aku benar-benar mengerjakannya secara sempurna. Selain motif dan pola smock yang mencapai tiga puluh, juga aku lengkapi dengan sekitar lima belas kreasi produk smock beserta cara membuatnya. Jadi, lengkap sudah isinya. Polanya aku buat besar agar mudah difotokopi dan diperbesar untuk dipakai sebagai pola membuat smock. 

Aku sangat yakin buku “Mengenal Tehnik Jahit Smock” ini bakalan laris manis, karena setelah aku cek di TB Gramedia belum tersedia yang mengulas tentang smock. Acuanku memang TB Gramedia sebagai toko buku yang recomended. Setelah buku ini terbit, aku akan mengirimkan naskah-naskah buku selanjutnya. Tidak melulu buku ketrampilan yang notabene buku non fiksi, tetapi juga naskah-naskah buku fiksi seperti kumpulan puisi, kumpulan cerpen dan novel. Puisi-puisiku sudah terkumpul lumayan banyak., sementara membuat cerpen baru aku coba tahun lalu. Beberapa cerpen sudah aku sajikan di blog, beberapa lagi aku ikutkan di beberapa buku antologi kumpulan cerpen yang akan terbit di tahun ini, dalam waktu dekat. 

Aku sangat berharap bisa membuat naskah-naskah buku baik fiksi maupun non fiksi yang bermutu sehingga bisa diterbitkan secara mayor. Alangkah bagusnya bila buku-bukuku bisa dicetak ulang. Menjadi penulis yang baik dan terkenal adalah impianku, kini. 

0 comments: