Sunday, January 4, 2015

1Day1Dream: Membuat Cerpen Untuk Buku Antologi (5)

1Day1Dream: Membuat Cerpen Untuk Buku Antologi
Gambar diambil dari sini
Aku masih mempunyai tugas membuat sebuah cerpen romantis untuk proyek WSC (Woman Script $ Co). Ini karena aku mengikuti grup WSC Proyek buku terbit dengan proyek  terbarunya yaitu kumpulan cerpen romantis.  Beberapa naskah antologi sudah aku kirim, namun untuk cerpen romantis masih belum aku buat.

Pengalaman hidupku secara nyata sangat jauh dari kata romantis, kecuali dalam anganku aku ini sangat romantis. Jadi tentu saja aku agak kesulitan membuat cerpen romantis karena minimnya pengalaman. Dengan demikian aku harus mengerahkan segala ide dan kreatifitas. Akan lebih mudah bila aku mempelajari atau mengambil cerita dari kisah nyata orang lain atau pasangan lain. Begitu lebih baik.

Ada lima pilihan cerpen romantis yang bisa dibuat, yaitu:
  1. Kisah romantis yang manis dan sederhana,
  2. Kisah romantis dengan berbagai intrik (politik, sosial budaya dan ekonomi),
  3. Kisah romantis fantasi dan legenda,
  4. Kisah romantis yang gelap (dark), KDRT dan ketegangan lainnya, dan
  5. Kisah romantis dengan tema yang beda dengan diatas (barangkali penulis punya ide lain).
Aku memilih nomor 5, kisah romantis dengan tema yang beda dengan di atas. Aku memilih yang ini karena PJ-nya sudah familiar. Namun sebenarnya belum satu pun ide yang nyantol pasti untuk dijadikan dasar pembuatan cerpen. Sekedar gambaran kasar sudah ada, berdasar kisah nyata temannya teman. Tetapi harusnya cerita ini termasuk pilihan yang nomor 2. Tapi kenyataannya quota di pilihan tersebut sudah penuh. Wah, jadi bingung kalau begini. Jadi mentah lagi, artinya aku benar-benar belum menemukan ide satupun. Nekat banget. DL nya tanggal 15 Januari 2015. Masih ada waktu.

0 comments: