Monday, January 5, 2015

1Day1Dream: Memasak Sendiri Tiap Hari (6)


Rasanya ingin bisa memasak sendiri setiap hari. Dengan memasak sendiri tentu akan lebih ngirit, lebih sehat dan lebih enak (maaf memuji diri sendiri) serta sesuai selera sendiri.

Memasak sendiri di rumah sudah tentu harus memikirkan menu-menu masakan yang berbeda-beda agar tidak bosan. Keuntungan lain memasak sendiri adalah menjadi tahu cara memasak berbagai makanan.

Hari ini adalah hari pertama Dinda masuk sekolah lagi. Kemarin aku bertanya padanya :
"Besok mau dimasakin apa?" 
"Tumpang", jawabnya.
Tumpang adalah makanan khas Solo kegemarannya untuk sarapan bila pagi-pagi belum tersedia makanan. Aku biasa membelikannya sepiring nasi tumpang di dekat rumah.

Belum pernah sekalipun aku memasak tumpang. Tetapi aku harus bisa memasaknya untuk Dinda. Berikut resep yang aku dapat dari teman :

TUMPANG

Bahan :

10 Tahu potong kotak
Seikat bayam ambil daunnya
Sedikit kecambah
Krupuk kulit (rambak)


Bumbu :
  1. 4 Siung bawang merah
  2. 3 Siung bawang putih
  3. 10 Cabe merah besar
  4.  5 Cabe rawit merah
  5. 2 Ruas jari kencur
  6. 1 Papan petai
  7. 2 Daun salam
  8. 3 Daun jeruk
  9. 1 Ruas jari laos
  10. 1 sereh
  11. Sedikit gula Jawa
  12. Sedikit garam
  13. Kelapa parut
  14. Penyedap rasa


Cara membuat :

  1. Masukkan bumbu nomor 1 - 5 ke dalam plastik, diikat  kemudian direbus;
  2. Masukkan kecambah ke dalam plastik, diikat kemudian direbus;
  3. Bayam direbus;
  4. Uleg bumbu yang sudah direbus;
  5. Panaskan minyak dalam wajan, tumis bumbu uleg ditambah daun salam, daun jeruk, laos, sereh yang dikeprek, sedikit gula jawa, dan garam;
  6. Masukkan tahu, dan petai aduk sebentar;
  7. Masukkan santan encer;
  8. Setelah matang masukkan krupuk kulit (rambak).


Cara menyusunnya :

Taruh bayam, kecambah, kemudian siram dengan sayur tumpang. 
Lebih enak dimakan dalam keadaan panas. Makan dengan ditemani krupuk karak khas Solo lebih nikmat.

Meskipun kami hanya berdua, tapi bila harus jajan tiap hari ya lumayan juga rupiah yang mesti dikeluarkan. Jelas memasak sendiri lebih ngirit dan lebih sesuai selera.

Tidak sulit kok untuk memasak sendiri. Waktu yang diperlukan pun juga tidak lama. Aku biasa memasak makanan yang simpel saja. Yang penting masakan yang dihidangkan harus memenuhi gizi, dan tentu saja sesuai selera kami.

Selamat memasak sendiri.

2 comments:

Arifah Abdul Majid said...

Kayae enak nih :9 ada tahu sama kerupuk kulit, tapi aku skip bayamnya :p hihi..
Aku baru dengar makanan ini, unik banget ya mbak cara masaknya diplastikkin gitu :)

Unknown said...

Diplastikin itu caraku sendiri biar lbh mudah. Aku jg menghindari bayam sebenarnya takut asam urat, tapi kalo dikit juga gpp.