Thursday, October 30, 2014

Mengenal Tehnik Jahit Smock

Mengenal Tehnik Jahit Smock


Naskah buku pertama sudah selesai dan sudah dikirim ke penerbit, sekarang aku sedang merampungkan naskah buku kedua. Buku ini masih tentang buku ketrampilan, yaitu tehnik jahit smock. Sementara buku ketrampilan yang pertama adalah tentang aksesori wanita.

Tidak ada yang mengetahui secara pasti ketrampilan smock itu pertama kali berasal dari negara mana. Ada yang mengatakan bahwa smock berasal dari jepang, tetapi kenyataannya smock juga ada di Amerika. Entah dari negara mana smock pertama kali dibuat. 

Smock dalam bahasa Inggris berarti mengerut. Smock adalah tehnik jahit kain yang menyebabkan kain mengerut dan memunculkan bentuk-bentuk yang indah. Kain yang telah di-smock bisa digunakan untuk pelengkap interior dan untuk penghias pakaian. 

Sebaiknya kain yang digunakan adalah kain yang mengkilat seperti satin atau higyt (semacam kaos) dan bermotif polos. Dalam pembuatan kain bersmock ini diperlukan kesabaran dan ketelitian. 

Pertama yang dilakukan adalah membuat pola di atas kertas sesuai smock yang diinginkan. Setelah itu letakkan kain di atas pola dengan kertas karbon di tengahnya. Salin pola dengan menggunakan ballpoint bekas. 

Mengenal Tehnik Jahit Smock

Harap diingat bahwa kain setelah di-smock akan berkurang ukurannya, jadi buat percobaan dulu untuk dapat menentukan seberapa panjang dan lebar kain yang dibutuhkan.

Sekarang aku akan membagikan satu tutorial yang terdapat di buku yang sedang aku garap, yaitu tutorial Smock Barisan Panah. Gambar Smock Barisan Panah bisa dilihat di awal artikel ini.

 Pola untuk Smock Barisan Panah adalah sebagai berikut:


Mengenal Tehnik Jahit Smock




Langkah pembuatan smock :
  • Buat pola di kertas
  • Jiplak pola di atas kain dengan menggunakan karbon
  • Jangan sampai ada pola yang terlewat atau kurang jelas
  • Sekarang ambil benang dan jarum dan ikuti langkah-langkah selanjutnya
  • A, B dan C ditarik dan dijahit mati
  • C ke D ditusuk biasa 2 kali
  • D, E dan F ditarik dan dijahit mati, dan seterusnya
Di buku yang sedang aku buat ini terdapat 40 pola smock, termasuk pola smock khusus untuk sarung bantal standar dan bulat.
Aku yakin buku ini akan disukai dan diterbitkan oleh penerbit major karena di TB Gramedia di kota ini belum terlihat buku tutorial smock. Mungkin juga di TB Gramedia dan di toko buku lainnya di kota-kota lain pun belum tersedia buku tutorial smock yang selengkap ini.

Oh ya, di buku ini juga aku sertakan cara mudah membuat bantal bulat, sarung bantal, tutup kotak tisu, dompet, dan sebagainya.

21 comments:

Maureen Evita said...

apa sy bs pesan scptnya???

rosalia sus said...

Mbak Maureen, yang mau dipesan itu produknya ato bukunya?

Maureen Evita said...

Bukunya Mbak...

rosalia sus said...

Bukunya belum terbit mbak. Ntar kalo udah terbit aku kabarin yang pertama kali. Makasih.

Desy Kristina said...

bukunya udah terit sista??? saya mau juga dong.....
ini email saya, klo udah ada tolong diinfokan ya....
trims

Desy Kristina said...

bukunya udah terbit sista? saya mau juga dong, klo udah terbit tolong diinfokan ke saya ya....
ini alamat email saya :
lovinakerangbali@gmail.com

rosalia sus said...

Begitu bukunya terbit akan langsung saya beritahu via email. Makasih.

Muhammad rayyan said...

mbak rosalia apa buku tutorial smocknya udah bisa dipesan

rosalia sus said...

Semoga dalam waktu dekat bukunya udah terbit mas.

aulia murid sasongko said...

Bukunya sudah terbit blm? Kl sudah saya mau psan, tlng kabari via email, ini email saya auliamsxzweiss@gmail.com thnx

rosalia sus said...

Nanti kalo sudah terbit aku emailkan. Makasih.

Popo Studio said...

Apakah bukunya sudah terbit?

Kalo boleh tau bahan smock belinya di mana ya di jakarta? Thx

nur hayati said...

Q mau pesen donk,?

Ade Dewi said...

Mba, kabarin ya kalo udah bisa dipesen bukunya.. dequeen30@gmail.com
Makasih..

Ade Dewi said...

Mba, kabarin ya kalo udah bisa dipesen bukunya.. dequeen30@gmail.com
Makasih..

surtini setyowati said...

Udh bisa pesen blom nih

Andi Azzam said...

Mba,sdh terbit kah bukunya?sy mau dong.atw jangn2 sy udh kehabisan nih?
Tlg email sy ya mba...

rizka sunaryo said...

Mbk sudah ada bukunya? Sy mo pesen

Wahyu Sugihartono said...

Assalamualaikum senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman-teman disini. barangkali ada teman-teman yang sedang kesulitan masalah keuangan. Beberapa waktu yang lalu perusaan percetakan saya dirundung hutang yang cukup besar. Hal itu di akibatkan melonjaknya harga kertas dan tenaga upah yang harus saya bayar kepada para karyawan saya. Sementara itu beberapa tender yang nilainya cukup besar gagal saya menangkan. Akibatnya saya harus menjaminkan mobil saya saya untuk meminjam hutang dari bank. Namun hal itu belum cukup menutup devisit perusaan. Bahkan pada akhirnya rumah beserta isinya sempat saya jaminkan pula untuk menutup semua beban hutang yang sedang dilanda perusaan. Masalah yang begitu berat bukan mendapat support dari istri justru malah membuat saya bersedih bahkan sikapnya sesekali menunjukan rasa kecewa. Hal itu di sebabkan semua perhiasan yang sempat saya hadiahkan padanya turut saya gadikan. Disaat itulah saya sempat membaca beberapa situs yang bercerita tentang solusi pesugihan putih tanpa tumbal dan akhirnya saya bertemu dengan Kyai Sukmo Joyo. Kata pak Kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan penarikan uang gaib 5milyar dengan tumbal hewan. Tanpa pikir panjang semua petunjuk pak.kyai saya ikuti dan hanya 1 hari. Alhamdulilah akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya. Perlahan hutang-hutang saya mulai saya lunasi. Perhiasan istri saya yang sempat saya gadaikan kini saya ganti dengan yang lebih bagus dan lebih mahal harganya. Dan yang paling penting bisnis keluarga yang saya warisi tidak jadi koleps. Jika ingin seperti saya. Saya menyarankan untuk menghubungi kyai sukmo joyo di 0823.9998.5954 situsnya www.sukmo-joyo.blogspot.co.id agar di berikan arahan

Nilam Sari said...

assalamu alaikum wr wb. mba kalau mau pesan buku ini boleh gk? trus boleh di kirimin gambar bukunya, harga,ongkir, dan cara memesan.terima kasih

Salimatum Muflicha said...

Bukunya cara pesannya gimana ya mbak? Mau dong pesan bukunya. Tlg kabari via email ya. Smnara235@gmail.com