Sunday, January 18, 2015

Aku Dan Akibat Dari Stress

Aku Dan Akibat Dari Stress

Menurut berita yang baru aku baca, bahwa stress dapat mengakibatkan hal-hal berbahaya bagi tubuh kita. Aku membandingkan dengan akibat-akibat stress yang kualami. Ini adalah 15 tanda berbahaya tersebut, yaitu :
  1. Selalu ragu-ragu. Ini akibat dari otak besar yang tertekan. Benar. Aku pun selalu bersikap ragu-ragu dalam mengambil keputusan maupun bertindak. Sikap ini menjadikan aku merasa tertinggal atau membiarkan saja kesempatan berlalu;
  2. Lelah setiap saat. Stress disebabkan karena kelelahan. Menurutku aku bisa merasa lelah bukan karena habis bekerja tetapi karena pikiran yang menumpuk atau karena kecemasan menghadapi sesuatu hal. Aku juga merasakan hal serupa. Jadi untuk mengantisipasinya, aku akan berbaring sebentar sampai semangat muncul lagi atau tenaga terkumpul lagi;
  3. Tidak bisa tidur nyenyak. Aku memang sering terjaga di malam hari sesudah tidur, biasanya aku ke kamar kecil sekali dua kali. Aku sulit tidur lagi;
  4. Rentan dengan alergi. Alergi disebabkan oleh fungsi kekebalan tubuh yang tidak berfungsi karena stress. Aku mengalami alergi debu dan cuaca dingin, misalnya di pagi hari. Bila demikian maka yang aku rasakan adalah pilek dan bersin-bersin;
  5. Rentang terhadap flu. Kekebalan tubuh melemah karena stress. Paling-paling penyakit yang sering menyerangku adalah flu, tetapi inipun jarang;
  6.  Gelisah. Kondisi emosi tidak stabil ini dikarenakan kurang bisa menyantaikan diri. Oleh karena itu aku berusaha untuk dapat santai dalam berpikir maupun bekerja meskipun sebenarnya yang aku lakukan adalah hal serius;
  7. Membuat keputusan yang tidak bijak. Stress membuat kemampuan membedakan salah dan benar menjadi terganggu. Benar sekali. Dua hal yang kurasa keputusanku salah total adalah aku menjual rumahku di bawah harga standar  dan mengabulkan keinginan mantan untuk mengajukan gugatan cerai. Barangkali saja pikiranku sudah tak waras. Hal-hal yang dilakukan hanya berdasar emosi sesaat akan tidak baik hasilnya;
  8. Menjauh dari orang yang kita cintai. Tidak ada komentar;
  9. Warna kulit menggelap. Efek stress adalah ditandai dengan cepat menuanya kulit dan warnanya menggelap. Aku rasa tidak mengalami hal demikian, entahlah bagaimana orang memandangku;
  10.  Palpitasi. Menurut kamus kesehatan, palpitasi berarti sensasi detak jantung yang cepat atau tidak menentu. Aku terkadang merasakan hal tersebut;
  11. Selalu berkeringat. Aku tidak merasa demikian , mungkin karena pekerjaanku tidak menyita banyak tenaga;
  12. Proses pencernaan tidak lancar. Stress merusak proses pencernaan. Orang yang menderita maag akan sakit bila stress melanda. Yang kurasakan adalah sakit perut bila stress menghadapi sesuatu. Akan tetapi secara keseluruhan proses pencernaanku baik;
  13. Menjadi gemuk. Stress meningkatkan resiko penyakit kardiovaskuler, diabetes dan pankreas hati. Aku akan cenderung makan banyak bila stress. Itulah yang menyebabkanku gemuk;
  14. Menurunkan libido. Bila stress teramat sangat memang hal demikian yang terjadi.
Demikian uraian mengenai akibat dari stress yang kubandingkan langsug dengan kondisi tubuhku.
Semoga bermanfaat.

0 comments: