Thursday, January 23, 2014

Memilih Es Batu Yang Sehat


 Bila udara sedang panas karena teriknya matahari, tentu orang menjadi sangat kehausan. Kebanyakan orang lantas memesan minuman dingin yang bercampur es batu. Tahukah bahwa tidak semua es batu aman bagi kesehatan kita? Hal ini dikarenakan tidak semua es batu terbuat dari air matang. Ternyata di dalam es batu yang terbuat dari air mentah tersebut terdapat bakteri yang dinamakan bakteri E-coli. 

E-coli (Escherichia coli) adalah sekelompok bakteri yang ditemukan dalam makanan dan air. E-coli menyebabkan penyakit bila bakteri ini melepaskan racun yang dinamakan shiga. Racun ini dapat menyebabkan penyakit perut dan usus, seperti muntah dan diare. 


Cara membedakan es batu yang terbuat dari air mentah dan yang terbuat dari air matang

Sekilas tampaknya es batu yang terbuat dari air mentah dan yang terbuat dari air matang itu sama saja, baik warna maupun rasanya. Namun dengan sedikit jeli saja akan nampak perbedaannya. Dengan mengetahui ciri-ciri dari es batu, maka dapat menghindarkan kita dari penyakit. 


Berikut adalah cara membedakan es batu:
Es batu yang terbuat dari air mentah:
  1. Kejernihan dan warna es, warna es batu adalah putih. Secara ilmiah, air bersuhu dingin akan menyebabkan udara terperangkap di dalamnya. Pada saat es membeku, gelembung udara tadi nampak berwarna putih seperti salju;
  2.  Gelembung dalam es, gelembung udara yang terdapat di dalam es sangat banyak.
Es batu yang terbuat dari air matang:
  1. Kejernihan dan warna es, es batu yang terbuat dari air matang nampak jernih dan bening. Udara sudah tidak ada lagi karena proses pemasakan air;
  2. Gelembung air, gelembung air dalam es batu sangat sedikit, karena gelembung udara sudah keluar saat pemasakan air. 
Tahukah bahwa di banyak tempat es batu dibuat secara tidak higienis dan terkadang memakai air sungai yang tercemar? Yang sering menggunakan cara ini adalah pembuatan es balok di pabrik-pabrik es. Jelas air yang digunakan tidak dimasak terlebih dahulu.

Kitapun patut mencurigai es batu dengan kemasan plastik yang dibuat oleh industri-industri rumahan. Memang tidak semua es batu dalam kemasan plastik tidak sehat, namun ada oknum-oknum yang melakukan kecurangan, dan kita perlu waspada. 

Sekarang sudah banyak beredar es batu yang higienis, yaitu es kristal. Es batu ini berbentuk pipa dengan lubang di tengahnya. Selain banyak dijumpai di rumah-rumah makan besar, sekarang sudah banyak dipakai juga oleh warung-warung makan kecil. Semakin lama orang semakin menyadari akan pentingnya kesehatan. 

Untuk lebih menjaga kesehatan, kitapun juga bisa membuat es batu sendiri di rumah.

Beruntunglah bahwa aku kurang begitu suka minuman dingin apalagi yang ada es batunya. Namun bila aku memesan minuman dengan es batu di dalamnya, maka aku akan lihat dulu jenis es batunya. Apabila es batunya berbentuk kristal aku akan memesan, namun bila bentuk es batunya berantakan alias tak beraturan, kuurungkan niatku memesan. Itulah caraku memilih es batu yang sehat. Kesehatan bagiku adalah hal yang sangat penting untuk dijaga. Itu adalah hal prinsip.

0 comments: