Sunday, January 19, 2014

Berwisata ke Solo

Kota Solo atau Surakarta
Kota Solo atau Surakarta semakin rajin membenahi keindahan kotanya dengan berbagai fasilitas. Selain menggunakan dana APBD, Pemerintah Kota Surakarta juga tak segan menggandeng piahk-pihak swasta yang tertarik untuk menanamkan modalnya di wilayah ini. Semua ini dilakukan selain untuk kepentingan warganya, terutama dimaksudkan untuk kepentingan dan kenyamanan para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun wisatawan manca negara. Pemkot Surakarta menginginkan dengan adanya berbagai fasilitas yang memadai tersebut semakin menarik minat para wisatawan untuk berkunjung dan mengulangi berkunjung lagi ke Kota Solo.

Keraton Kasunanan Solo
Ketertarikan para wisatawan akan terlihat jelas bila di Solo diadakan event-event tertentu, juga pada saat week end atau liburan lainnya. Pada saat-saat seperti itu jalanan di Kota Solo dipadati oleh berbagai kendaraan dari luar Kota Solo. Hotel-hotel tertentupun selalu full book.

Solo memang dikenal sebagai kota wisata, tidak hanya wisata budaya, tetapi juga sebagai wisata belanja, wisata kuliner, wisata alam, wisata sejarah, wisata tekhnologi dan wisata ziarah. Untuk semakin mendukung semaraknya Kota Solo, maka Pemkot Surakarta mengadakan event-event tertentu yang sudah dijadwalkan ke dalam Calendar of Cultural Event Solo.
Pada setiap bulannya, telah dijadwalkan terdapat event-event tertentu yang tentu saja menarik untuk diikuti dan dikunjungi. Event-event tersebut, misalnya SoloBatik Fashion yang diselenggarakan pada tiap pertengahan Bulan Juli, Solo Batik Carnival pada tiap akhir Bulan Juni, Festival Film Solo pada tiap awal Bulan Mei, Sekaten pada tiap Bulan Suro (Bulan Jawa), dan sebagainya.

The Park Solo Superblock di Solo Baru
Dengan semakin berkembangnya sisi pariwisata di Solo, maka semakin banyak juga hotel-hotel berbintang yang dibangun di Solo untuk tujuan kenyamanan. Sisi pariwisata yang baik tentu akan berdampak positif bagi sisi perekonomian lainnya. Dampak bagi masyarakat Solo sendiri, meliputi terbukanya kesempatan untuk penyediaan jasa transportasi, penginapan, kuliner, souvenir, dan sebagainya.
Warga Solo yang terkenal sangat kreatif tentu dapat menyambut baik hal tersebut. Batik Solo pun semakin berkibar, tidak hanya berupa kain dan busana tetapi sudah merambah pada kerajinan tangan atau handicraft yang memanfaatkan kain batik sebagai bahan bakunya. Indah dan unik adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kekhasan kain batik dan produk olahannya.
Solo juga sangat terkenal dengan kukinernya yang enak-enak dan relatif murah harganya. Sebut saja tengkleng, timlo Solo, selat, nasi liwet, gempol pleret, dan sebagainya.

Dengan semakin  berkembangnya Kota Solo semakin menarik pihak swasta untuk menginvestasikan danaya di kota ini.  Mall dan hotel berbintangpun semakin banyak saja di Kota Solo.

Bila berwisata ke Solo, tidak sulit untuk menemukan hotel berbintang di tengah Kota Solo. Pada artikel kali ini saya akan mengajak anda untuk berkunjung dan melihat-lihat dua buah hotel berbintang di tengah Kota Solo, yaitu Solo Paragon Hotel dan Ibis Hotel Solo.

Solo Paragon Hotel
Solo Paragon Hotel terletak di jantung Kota Solo, tepatnya di Jalan Dr Sutomo Solo. Hotel berbintang 4 ini seakan menyatu dengan Solo Paragon Lifestyle Mall. Hotel ini pun sangat dekat dengan Keraton Mangkunegaran, Perpustakan dan museum Radya Pustaka, Taman Sriwedari, Stadion Manahan, juga sangat dekat dengan Keraton Kasunanan Solo dan Pasar Klewer yang terkenal itu. Harga rata-rata untuk menginap di hotel ini adalah Rp. 539.434,-
Solo Paragon Hotel memiliki 25 lantai dengan 237 kamar. jenis-jenis kamar di hotel ini adalah superior, deluxe, eksekutif, dan suite. Fasilitas hotel ini, meliputi: ruangan fitness, ruang rapat, kolam renang, restoran, klub anak-anak, pub/lounge, lobi, ballroom, dan kafe. Fasilitas lainnya yang lebih bersifat pribadi adalah kotak penyimpanan aman, layanan laundry, toko, pijat, transfer bandara-hotel, layanan kamar 24 jam, wifi, spa, dan sebagainya.
Gambar-gambar dari fasilitas Solo Paragon Hotel antara lain :

Ruang rapat
Kamar suite
Ruangan fitness

Kamar tidur
Klub anak
Kolam renang
Restoran
Ibis Hotel Solo
Ibis hotel solo juga terletak di jantung Kota Solo, sangat dekat dengan Solo Paragon Hotel. Oleh karena itu letak hotel berbintang 3 ini juga sangat dekat dengan Keraton Mangkunegaran, Perpustakaan dan museum Radya Pustaka, Taman Sriwedari, Stadion Manahan, Solo Grand Mall, Keraton Kasunanan Solo dan Pasar Klewer. Ibis Hotel Solo terletak di Jalan Gajah Mada Nomor 23 Solo.Hotel ini terleyak 1 KM dari Stasiun Balapan dan 10 KM dari Bandara Adi Sumarmo.
Fasilitas hotel ini, meliputi ruang pertemuan, kolam renang, restoran, lobi, kolam renang, bar,gym, sauna, spa, pijat, akses kursi roda, wifi, layanan kesehatan, layanan laundry, dan sebagainya.

Gambar-gambar dari fasilitas Ibis Hotel Solo antara lain :

Kamar
Lobi
Kolam renang
Spa
Restoran
salah satu menu makanan

Ruang pertemuan

Demi kenyamanan berwisata anda ke Solo, ada baiknya memesan kamar hotel terlebih dahulu. Pemesanan bisa dilakukan 15 hari sebelum pemakaian. Pemesanan kamar hotel bisa dilakukan sekarang, sementara pembayaran dilakukan saat anda sudah berada di hotel. Andapun bili beruntung bisa mendapatkan diskon 50% hanya dengan mendaftar diri untuk berlangganan newsletter dari www.booking.com. Pembatalan dari pemesanan kamar akan berlaku gratis bagi sebagian besar kamar.  Jadi tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan baik ini.
Selain cara pemesanan langsung ke hotel, ada satu cara lain yang lebih praktis, yaitu dengan cara membeli voucher hotel. Voucher hotel dapat dibeli di www.voucherhotel.com.
Dua hotel di Solo pada urutan teratas berdasarkan populer, mewah dan murah adalah Solo Paragon Hotel & Residences dan Ibis Hotel Solo. Baik yang akan melakukan pembayaran dengan kartu kredit maupun dengan transfer via bank, semua pemesanan dilakukan via email.
Berikut: lima langkah mudah membeli voucher hotel :
  1. Kunjungi http://www.voucherhotel.com/
  2. Isi tempat yang ingin dikunjungi, tanggal cek in/cek out, jumlah kamar;
  3. Pilih nama hotel;
  4. Piluh kamar;
  5. Masukkan informasi anda dan kirim.
Voucher hotel akan dikirimkan via email. Silahkan dicetak dan tunjukkan sewaktu cek in. Mudah bukan?

Sekarang rencanakan wisata anda menuju Kota Solo dan nikmati layanan hotel yang sudah saya uraikan di atas dan keindahan serta keramahtamahan warga Solo yang senang menyambut anda.

0 comments: