Tuesday, January 21, 2014

Masuk Neraka Siapa Takut?


Aku tertarik untuk mengikuti Give Away-nya Cak Cholik meskipun hanya diberi waktu selama dua hari untuk menuliskannya. Dan, besok pukul 20.00 WIB adalah deadline-nya. Aku harus menyelesaikannya malam ini juga sebagai deadline-ku sendiri.  

Topik yang kupilih adalah "Masuk Neraka Siapa Takut?". Meskipun artikel ini dibuat oleh Cak Cholik untuk mengikuti Fiesta Tali Asih dari Blognya Pak Hariyanto Wijoyo, namun inti ceritanya yang sederhana itu yang membuatku terkesan.

Bagaimana tidak, hanya ngerjain teman-temannya yang sedang tidur dengan mengolesi obat wahing (obat bersin) saja kok takut masuk neraka. Itu kan hal sangat sepele cak. Aku rasa itu sebuah ketakutan yang berlebihan.  Apalagi bila hal itu dibandingkan dengan kenekatan-kenekatan yang dilakukan oleh orang-orang di jaman sekarang. Injak sana injak sini, sikut sana sikut sini sudah dianggap hal yang lumrah. Meskipun dampak dari perbuatan ini sangat bisa jadi membuat orang-orang lain menderita, tetapi mereka terkesan dan mungkin juga disengaja untuk "tutup mata" dan "tutup telinga" juga "tutup hati". Satu kata yang pantas untuk melukiskannya adalah KEJAM. 

Hati nurani tak lagi ada, mati terlindas keinginan duniawi semata. Orang-orang tertawa sampai tergelak-gelak di atas penderitaan orang lain. Sungguh ironis. Apalagi bila hal itu dilakukan oleh orang-orang yang ahli agama, menyandang gelar-gelar keagamaan. Satu pertanyaanku : "Mengapa mereka tak takut masuk neraka?" Barangkali mereka sudah menganggap diri kebal, karena sudah terbiasa kebal hukum, kebal senjata, kebal malu dan sebagainya. 

Tidakkah mereka berpikir tentang dampak dari perbuatan, perkataan dan pemikiran mereka bagi orang-orang lain?
Apakah masih belum cukup sejahtera dan bahagia, sehingga segala cara dijalaninya? Yang merupakan hak orang lainpun dirampasnya, dengan cara tidak memberikan sebagaimana seharusnya. Bukankah hal-hal semacam ini dinamakan sebagai perbuatan zalim, zolim atau dlolim? Lalu sadarkah apa hukuman bagi orang-orang yang berbuat zalim? Tentu saja yang aku maksud adalah hukuman di akherat, hukuman sesudah di dunia ini.

Sepertinya mengingatkan kekeliruan mereka takkan digubrisnya, malah kita yang dimarahinya atau lebih ekstrim lagi, dimaki-makinya. Bila memang demikian adanya, cukup dibiarkan sajalah. Toh niat baik tak selalu diterima dengan baik. Bisa-bisa hubungan pertemanan ataupun persaudaraan malah menjadi putus dengan kenangan yang tidak baik. Jadi, ya sudahlah.

2 comments:

Abdul Cholik said...

Terima kasih atas partisipasi sahabat dalam Giveaway 2 Hari
Salam hangat dari surabaya

Unknown said...

Makasih kembali