Tuesday, November 26, 2013

Soloraya Creatif Expo 2013

Bangunan untuk expo utama
Soloraya Creatif Expo (SCE) 2013 adalah sebuah even tahunan yang baru pertama kali digelar. 
SCE 2013 diselenggarakan dengan menggunakan 4 venue/tempat, yaitu 
  1.  Venue Benteng Vastenburg  untuk Solo Raya Creatif Expo;
  2.  Venue Solo Square Mall untuk Oto Creative Expo;
  3.  Venue Diamond Convention Center untuk Creative Food &    Agricultural Expo;
  4.  Venue Graha Wisata Niaga untuk Creative Printing & Publishing Expo dan Finance Investment Expo. 
Gerbang Expo di Benteng Vastenburg
Pihak penyelenggara yaitu Kadin (Kamar Dagang dan Industri) Solo mengatakan bahwa SCE bertujuan untuk memperkenalkan produk lokal, budaya, industri, perdagangan, jasa, pariwisata, investasi dan perekonomian yang ada di Soloraya kepada pihak domestik maupun manca negara.
Creatif Printing Expo
Meliputi wilayah Soloraya adalah Kotamadya Surakarta, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Sragen, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Karang Anyar dan Kabupaten Klaten. Wilayah ini adalah eks karesidenan Surakarta.

Soloraya Creatif Expo
Berbagai jenis produk dan jasa akan dipamerkan dalam gelaran ini, di antaranya furnitur, fashion, handicraft, makanan kering, alat printing, buku, katering, perbankan, dll.

Creatif Food & Agricultural Expo
Solo Raya Creatif Expo (SCE) 2013 ini diselenggarakan selama lima hari mulai tanggal 20 sampai dengan 24 November 2013.

Maskot SCE
Tiket masuk Rp. 10.000,- untuk dewasa dan Rp. 5.000,- untuk pelajar. Tiket hanya ditarik di Venue Benteng Vastenburg saja, sementara di ketiga venue lainnya gratis.

Membatik
Event ini tentu sangat mengundang minat orang-orang dari luar kota Solo, maka pihak penyelenggara telah mengadakan kerjasama dengan pihak perhotelan sebagai official partner. Hotel-hotel tersebut yaitu beberapa hotel berbintang seperti Lorin Solo Hotel, Kusuma Sahid Prince Hotel, Hotel Sahid Jaya Solo, Solo Paragon Hotel and Residences, Pose In Hotel, Riyadi Palace Hotel, Mandala Kusuma Hotel dan Hotel Indah Palace. 

Creatif Galery & Art
Pembukaan dan penutupan even diadakan di Venue Benteng Vastenburg, sekaligus memperkenalkan pada pengunjung tentang keunikan venue ini yang merupakan benteng peninggalan jaman Belanda dulu.

Benteng Vastenburg
SCE 2013 ini menampilkan sisi eksotis terutama di konsep stand Venue Benteng Vastenburg dengan menghadirkan bangunan yang terbuat dari bambu dan tanaman tembakau. Bangunan di sini ada dua yang besar, yaitu Tobacco A dan Tobacco B untuk expo utama,
sementara untuk tempat makan dan bersantai ada bangunan tersendiri, juga toilet yang dihias dengan bambu, tempat sampahpun terbuat dari rotan. Menurutku suasana expo ini sangat indah dan romantis, terutama tempat makan terbukanya dengan meja yang dilengkapi lilin menyala.


Creatif Galery & Art
pohon besar di venue Benteng Vastenburg
tempat makan
 
candle light dinner ala SRCE
 
Soto Grabah & Wedang Uwuh


Tempat Sampah


                   
Kontes Tulisan Tentang Solo

0 comments: