Thursday, November 28, 2013

Alfaonline, Inovasi Terbaru Alfamart


Siapa yang tidak kenal Alfamart? Alfamart adalah jaringan minimarket yang sudah tersebar di banyak daerah. Hingga kini Alfamart telah memiliki 22 Kantor Cabang yang tersebar di Pulau Sumatera, Jawa, Bali, Lombok dan Sulawesi dengan jaringan 7.714 toko serta bermitra dengan 400 pemasok dari seluruh Indonesia.

Tidak mengherankan bila dalam memilih tempat tinggal, salah satu pertimbangannya adalah ada tidaknya atau dekat tidaknya dengan Minimarket Alfamart. Alfamart sudah menjadi kebutuhan yang penting terutama bagi ibu-ibu rumah tangga. Yang disediakan oleh Alfamart cukup untuk memenuhi kebutuhan primer bahkan kebutuhan sekunder bagi perorangan maupun rumah tangga.

Adalah sangat pantas bila di tahun 2013 ini  jaringan Alfamart menerima penghargaan  Indonesia Best Brand Award (IBBA) kategori minimarket untuk yang keenam kalinya, yang diterimakan kepada PT Sumber Alfaria Trijaya TBK, selaku pengelola. Penghargaan ini diprakarsai oleh Lembaga Survei MARS, Majalah SWA dan Metro TV. Pemenang tiap kategori berdasarkan survei yang melibatkan 2.626 responden rumah tangga dan 2.638 responden individu dengan metodologi face to face interviu dan multistage random samping.

Banyak inovasi yang dilakukan oleh Alfamart, antara lain dengan menggandeng berbagai lembaga penyedia layanan umum dalam bentuk kerjasama. Selama ini Alfamart telah menjalin kerjasama, antara lain dengan :
1. Bank BRI (layanan perbankan bagi usaha mikro sekitar gerai );
2. PT KAI (penjualan tiket);
3. Indosat (program Cash-In dengan memakai layanan Doku);
4. PT MOL Indonesia (distributor produk voucher online game), 
5. BCA (pembiayaan kredit investasi kepemilikan gerai waralaba);
6. Beberapa Maskapai Penerbangan (penjualan tiket);
7. PT BNI TBK (penyedia layanan pengiriman uang/remitensi). 




Inovasi dalam bentuk lain adalah  pelayanan secara online, yang dinamakan Alfaonline. Alfaonline adalah toko online untuk berbelanja online dengan harga murah, merupakan minimarket e-commerce pertama di Indonesia. Smart and easy shopping. Belanja online Alfaonline dilakukan melalui internet, dengan alamat http://www.alfaonline.com.

Syarat untuk menjadi konsumen online, cukup melakukan pendaftaran online di http://www.alfaonline.com.
Ini merupakan salah satu fasilitas layanan Alfamart untuk pelanggan Alfamart yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbelanja ke gerai Alfamart. Sejauh ini Alfamart masih menjadi minimarket pertama di Indonesia yang meluncurkan e-commerce. Sebagai salah satu ritel terbesar di Indonesia, tentu Alfamart tidak ingin ketinggalan dalam memberikan nilai plus lain dari sekedar minimarket.

Bagaimana cara berbelanja di Alfaonline?

 1. Mendaftar melalui  www.alfaonline.com (register);
 2. Masukkan data-data yang diminta;
 3. Buka email untuk melakukan aktifasi;
 4. Klik kotak login yang tersedia;
 5. Pilih barang yang akan dipesan;
 6. Klik shopping cart untuk melihat daftar belanjaan;
 7. Klik check out kalau barang belanjaan sudah cukup;
 8. Mengisi model pengiriman (dikirim atau diambil);
 9. Menentukan cara pembayaran.

Mengenai cara pembayaran, pelanggan Alfaonline dapat memilih alat pembayaran sesuai dengan yang dimilikinya, misalnya Mandiri, Clickpay, BCA Klikpay, Telkomsel T-Cash, XL Tunai, Doku Pay E-Voucher atau COD (cash on delivery).
Dengan cara pembayaran seperti ini membuat pelanggan jauh lebih mudah dan aman. Mereka cukup duduk manis di rumah, barang belanjaan pun akan diantar.
Minimal pembelanjaan di Alfaonline adalah Rp. 50.000,- Jika kurang dari jumlah itu, maka secara otomatis transaksi tidak dapat dilanjutkan.
Beaya pengiriman adalah Rp. 5.000,-/pengiriman untuk pembelanjaan di bawah Rp. 100.000,-  Sedangkan untuk pembelanjaan di atas Rp. 100.000,- tidak akan dikenakan beaya pengiriman.

Sementara ini baru ada 541 toko yang memiliki coverage area, yaitu di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya.
Di Alfaonline sendiri ada promo yang tidak akan didapatkan di toko lain, yaitu Promo Semua Serba Rp. 1,-  Promo ini adalah promo yang dilakukan oleh Alfaonline dengan mekanisme menjual produk hanya seharga Rp. 1,- dengan dibatasi waktu dan jumlah yang terbatas. Promo Heboh belanja hanya 1 rupiah ini mengajak pelanggan berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan produk yang dijual hanya dengan Rp. 1,- tersebut.

Dengan hadirnya inovasi berupa Alfaonline yang menawarkan berbagai diskon maupun promo, ditambah adanya Program Promo Semua Serba Rp. 1,- semakin memantapkan Alfamart maupun Alfaonline sebagai tempat belanja murah.


Jadi, selamat menikmati belanja online di Alfaonline.
Smart and easy shopping.

0 comments: