Sunday, November 30, 2014

Berburu Buku

Berburu Buku
8 Buku hasil buruanku

Inilah buku-buku yang aku beli kemarin di Solo Book Fair di Goro Assalam dan tadi di Gramedia. Kisaran harga bukunya adalah 5.ooo,- sampai 95.000,- 

Letak Goro Assalam Hypermarket Foursquare lumayan jauh dari rumah tapi harus ke sana karena penasaran. Terus terang aku penasaran dengan jenis buku dan harga buku yang dipamerkan yang katanya murah. Memang benar, buku termurah dijual seharga 5.000,- aja. Kebanyakan yang dipamerkan adalah buku-buku muslim, termasuk Al Quran. Aku kira hampir semua adalah buku muslim, 90 % lah. Aku dan anakku membeli tiga buah di sana, buku umum tentu saja.

Sepulang dari Goro Assalam, mata kami tertumbuk pada iklan promosi diskon besar-besaran di TB Togamas. Mampirlah kami ke situ. Kebanyakan buku-buku pelajaran. Aku mencoba mencari novel dewasa tetapi aku hanya menemukan satu novel saja karangan Maria A Sarjono, sementara 95% lainnya adalah novel remaja. Terus yang emak-emak baca novel apa dong? 

Tadi aku dan anakku ke Gramedia, aku bermaksud mencari buku tentang kucing dan buku blog mininya Pakde tapi yang ini tidak ketemu. Buku tentang kucing sangat berguna bagiku yang ingin beternak kucing ras, apalagi pengarangnya memang seorang yang bergelut di dunia perkucingan. 

Jadilah hasil buruanku adalah Ungkapan Kata-kata Paling Romantisnya Kahlil Gibran;Perawatan Rambut; Membaca Cepat Rahasia Garis Tangan dan Wajah; Novel Rindunya Tere Liye; Kucing; novel remaja De Journey, dan majalah Cosmo Girl. 

Melihat buku-buku yang ada di Gramedia bagus-bagus sebanding juga dengan harganya. Tapi bagaimana ya dengan yang seharga lima ribu rupiah kemarin di pameran? Lalu bila demikian pengarangnya cuma dapat lima ratus rupiah aja perbukunya? Kan pendapatannya sepuluh persen dari harga buku. Tapi yang seharga lima ribu rupiah kemarin bukanlah buku karyanya sendiri melainkan hasil saduran, dan bukunya juga kecil. 

Sebagai penulis pemula banget, nampaknya banyak juga saingannya, dan bagus-bagus pula. Aku acungin jempol buat penulis yang bukunya mejeng di toko-toko buku terkenal dan laris pula. Sedangkan aku baru saja hampir menyelesaikan naskah bukuku yang kedua. Karena naskah pertamaku ditolak penerbit ditambah masalahku kemarin membuatku jadi malas merampungkan naskahku yang kedua. Aku memang orangnya moody. Sekarang badanku masih lemas akibat dampak sakit hati. Sebenarnya aku butuh pendorong yang bisa menyemangati tapi itu tak ada. Jadi di halaman Ucapan Terima kasih, siapa yang harus ditulis di situ? 

Tujuanku membeli tiga buku tersebut adalah untuk belajar menulis novel dan tentang kucing adalah untuk belajar memelihara kucing ras. Aku dengan serius ingin menjadi peternak kucing ras, mengingat aku adalah pecinta kucing sejati. Katanya pekerjaan yang ditekuni sebaiknya yang kita sukai. Aku suka menulis, memelihara kucing dan mengamati rumah. Untuk yang terakhir nanti dulu.

0 comments: