SRIKANDI, INSPIRASI PEREMPUAN INDONESIA
#ArtiPerempuan#HariPerempuan

Ketika aku ditanya tentang arti perempuan, agak kebingungan menjawabnya. Betapa tidak, aku adalah juga perempuan. Namun jelas bahwa perempuan sangat berarti  baik bagi keluarganya, lingkungannya, negaranya, dan tentu saja bagi dirinya sendiri.

Kiprah perempuan di jaman era digital sekarang ini sangat beragam dan hal itu menunjukkan bahwa perempuan khususnya perempuan Indonesia serba bisa di segala bidang, bahkan bidang yang didominasi kaum laki-laki pun perempuan bisa. Pokoknya tak diragukan lagi kiprah dan kemampuan perempuan Indonesia.

Dalam dunia pewayangan aku sangat terkesan dengan sosok Srikandi, meskipun perempuan tetapi gagah berani dalam membela kebenaran dan pantang menyerah. Dewi Srikandi atau sebut saja Srikandi adalah putrI Prabu Drupada, Raja dari Negeri Phancala atau Cempala dengan permaisurinya Dewi  Gradawati. Walaupun seorang perempuan, namun Srikandi  menyukai olah kanuragan dan sangat ahli memanah.  Keahlian memanah ini diperoleh Srikandi dari Arjuna, yang kelak menjadi suaminya.
Srikandi adalah sosok yang tangguh dan dikenal sebagai ksatria perempuan. Srikandi dipercaya sebagai penanggungjawab keselamatan dan keamanan Kerajaan Madukara seisinya. Srikandi juga menjadi salah satu panglima perang saat Perang Bharatayuda.

Srikandi menggambarkan kualitas hidup perempuan yang  penuh perjuangan dan tanpa menyerah. Jelas membuktikan bahwa kaum perempuan perlu diperhitungkan.
Srikandi yang hidup di masa kini adalah sosok perempuan-perempuan yang tangguh menghadapi berbagai persoalan hidup, meskipun tetap lemah lembut, keibuan,  cantik, menyandang tugas sebagai ibu rumah tangga (bila sudah menikah), mengasuh dan mendidik anak, melayani suami (bila sudah menikah), mempunyai kemampuan yang hebat, bisa memimpin dalam skala tertentu, dan sebagainya. Satu hal pasti yang  merupakan kelebihan kaum perempuan dibandingkan dengan kaum laki-laki, adalah bahwa hanya kaum perempuan yang dapat melahirkan. Itulah kemenangan kita sebagai kaum perempuan.

Hidup perempuan-perempuan Indonesia !