Thursday, April 10, 2014

Mengenalkan Entrepreneurship Pada Anak

Mengenalkan Entrepreneurship Pada Anak

Jaman telah berganti. Kini banyak anak atau remaja yang mulai dikenalkan pada dunia entrepreneurship. Kewirausahaan atau entrepreneurship adalah pilihan profesi yang menjanjikan. Mengenalkan kewirausahaan sejak dini, sejak usia sekolah dasar sangat berarti sebagai fondasi jiwa kewirausahaannya kelak.

Seperti halnya anakku yang sekarang belum genap 15 tahun, sudah dapat menghasilkan uang lewat dunia maya. Dia tidak memilih menggunakan laptop yang sudah ada untuk menjalankan bisnisnya, melainkan dengan menggunakan smartphone. Tepatnya, dia memanfaatkan sebuah jejaring sosial yang bernama instagram.

Semula dia menggunakan smartphone jenis android, namun karena aku melihat peluang besar dari usahanya, maka aku beranikan membelikannya sebuah smartphone berbasis android juga tapi yang lumayan canggih. Tentu saja instagram tidak tersedia di laptop, maka sangat perlu adanya smartphone yang canggih untuk memudahkannya ber-usaha.

Instagram merupakan layanan aplikasi  berbagi foto, dapat mengambil foto, mengedit foto sekaligus membagikan foto ke situs-situs jejaring sosial maupun ke instagram sendiri. 
Aplikasi instagram bisa diunduh dan dijalankan pada Iphone, Ipad dan Android . Dan, tahukah bahwa di instagram bisa melakukan jual beli semacam toko online?

Mengenalkan Entrepreneurship Pada Anak
Toko online anakku di instagram

Pertama kali yang dijual anakku adalah topi beanie, kemudian beranjak ke pewarna rambut instan tak permanen.
Dia juga ingin mengembangkan sayapnya dengan memproduksi sendiri barang-barang yang unik. Tentang barang yang akan diproduksi masih dipertimbangkan dan dipending dulu sementara waktu.
Menjelang dan selama UAS dan UN, toko onlinenya ditutup sementara untuk berkonsentrasi ke pelajaran dan ujian.

Bakat entrepreneur-nya sudah terlihat sejak sekolah dasar. Bila jalan-jalan ke supermarket atau mall, maka dia minta dibelikan beberapa barang pernak-pernik. Ternyata pernak-pernik itu di sekolah dijualnya ke teman-temannya dengan harga yang sampai tiga kali lipat. Wow! Aku sendiri sampai heran dengan harga mahal yang ditawarkan ke teman-temannya. Akan tetapi teman-temannya yang mayoritas anak-anak Tionghoa tak keberatan membeli barang dari anakku. Maklumlah dulu dia bersekolah di SD swasta yang cukup terkenal sejak lama.

Mengenalkan Entrepreneurship Pada Anak
Acer Liquid Z5

Bicara tentang instagram, maka aku terkesan dengan sebuah smartphone keluaran terbaru, yaitu Acer Liquid Z5. Smartphone ini dilengkapi kamera 5 megapixel auto focus dengan sensor BSI dan lensa f/2.4 yang dapat menghasilkan foto yang lebih baik di kondisi cahaya kurang ideal, karena BSI sensitif terhadap cahaya.
Kamera di smartphone ini dapat mengambil foto sebanyak 40 secara beruntun. Juga terdapat fitur Smile Shot yang dapat menjepret secara otomatis saat obyek yang difoto tersenyum.
Tentu saja fitur kamera yang canggih ini sangat bermanfaat bagi pengguna instagram, apalagi bila memiliki toko online. Foto-foto yang ditampilkan secara bagus dan sempurna akan menarik minat para konsumen.

Mengenalkan Entrepreneurship Pada Anak
Acer Liquid Z5

Sudah barang tentu aku mengijinkan anakku berjualan secara online namun tanpa meninggalkan kewajibannya sebagai seorang siswa. Pelajaran sekolah tetap yang nomor satu. Syukurlah bahwa dia termasuk 5 besar terbaik di kelasnya.

Anak jaman sekarang dituntut untuk menjadi cerdas, dalam arti dapat menguasai semua mata pelajaran dan mendapatkan nilai baik saat ulangan atau ujian. Namun ternyata kecerdasan tak terbatas hanya itu, ada beberapa macam kecerdasan anak.

Dari sebuah blog yang aku baca, ada beberapa kecerdasan anak :
  1. Kecerdasan linguistik, kemampuan berbahasa;
  2. Kecerdasan logika matematika, kemampuan memecahkan masalah secara logis dan matematis;
  3. Kecerdasan intrapersonal, kemampuan mengenal emosi diri dan orang lain;
  4. Kecerdasan interpersonal, kemampuan berhubungan dengan orang lain;
  5. Kecerdasan musikal, kemampuan mendengarkan musik dan memainkan alat musik;
  6. Kecerdasan visual dan spasial, kemampuan membaca arah dengan baik dan menikmati permainan puzzle, lebih suka menjelaskan pikirannya dengan menggunakan gambar;
  7. Kecerdasan kinestetik jasmani, kemampuan menggunakan tubuhnya dengan trampil, tangkas dan keseimbangan gerak;
  8. Kecerdasan naturalis, kemampuan memelihara hewan atau tanaman, dapat membaca cuaca dan peduli terhadap lingkungan.
Menurutku ada satu kecerdasan yang terlupa, yaitu kecerdasan di  bidang entrepreneurship.

Mengenalkan Entrepreneurship Pada Anak
Acer Iconia W4

Untuk mendukung agar anak memperoleh prestasi maksimal di sekolah, ada smartphone yang menyediakan aplikasi anak cerdas, yaitu Tablet keluaran Acer .Aplikasi ini disediakan oleh Acer Smartphone berbasis android. Fitur-fitur aplikasi tersebut, meliputi : 
  • Fitur Latihan Yuk, berisi soal-soal sesuai dengan kurikulum di sekolah nasional;
  • Fitur Mari Bermain, berisi permainan, edukasi dan e-book untuk anak;
  • Fitur Zona Anak, berisi aplikasi anak cerdas yang disesuaikan dengan usianya;
  • Fitur Ijin Unduh, orangtua dapat mengijinkannya mengunduhnya;
  • Fitur Aplikasi, orangtua dapat memilihkan aplikasi-aplikasi yang sesuai untuk anak;
  • Fitur Laporan Penggunaan, berfungsi untuk memantau aktifitas keseharian anak bersama tabletnya.

Jadi kesimpulannya : memberikan smartphone canggih kepada anak, siapa takut? Toh hal ini bertujuan yang sangat positif. Bila sesekali digunakan untuk main game, ya sah-sah saja.  

Postingan blog ini diikutsertakan dalam lomba blog aplikasi Anak Cerdas kerja sama Kumpulan Emak Blogger dan Acer Indonesia



8 comments:

Moocen Susan said...

wah inspiratif sekali tulisannya mak... hebat anaknya ya (y) salut., moga sukses mak

Santi Dewi said...

hebat ya, usia muda sudah punya bisnis sendiri :) sukses ngontesnya mak...

Unknown said...

@ Santi Dewi : itu dia belajar sendiri, aku malah gak ngerti instagram. makasih ya mak.

Unknown said...

@Agustinadian : iya mak, makasih banget.

Hariyanto Wijoyo said...

sepertinya sudah tuntutan jaman..anak2 diperkenalkan dengan usaha sejak usia muda...yg penting tidak mengganggu kegitan sekolahnya...selamat berlomba..semoga menjadi yg terbaik....keep happy blogging always..salam dari makassar :-)

Unknown said...

anak-anak mesti tau juga cara cari uang bukan cuma tau cara membeli aja.konsumtif boleh aja asal diimbangi dengan prestasi dan kalo bisa ya bisa menghasilkan sendiri. bukan tuntutan tetapi sebaiknya. makasih pak Har. salam dari Solo.

RiskiRingan said...

wesss... Emak super inih, mendukung sekali kegiatan positif anaknya.. semangat Mak.. :)

Unknown said...

Mak Riski makasih ya